PIS-PK PUSKESMAS KALITENGAH

Implementasi pendekatan keluarga untuk mencapai Indonesia Sehat sudah dilakukan oleh banyak Kabupaten/Kota, termasuk oleh Kab. LAMONGAN.

YUKs Cegah Penyakit Dengan "CERDIK"!

Cek,Enyahkan,Rajin,Diet,Istirahat,Kendalikan.....cekidot !!!

KESEHATAN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

Kesehatan bukan segala-galanya, tanpa kesehatan segalanya tidak berarti

KENAPA HARUS ASI EKSKLUSIF ?

Hendaklah para ibu menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.

Saturday, November 14, 2015

LABORATORIUM KLINIS


Laboratorium sekarang diselenggarakan dengan sebuah sistem program dan komputer yang mempertukarkan data-data pasien, permintaan tes, dan hasil tes yang dikenal sebagai sistem informasi laboratorium atau SIL. SIL berada di bawah Sistem Informasi Puskesmas.
Sistem ini memungkinkan Puskesmas  dan laboratorium untuk memerintahkan permintaan uji yang benar bagi setiap pasien, menjaga pasien perorangan maupun riwayat spesimen, dan membantu menjamin kualitas hasil yang lebih baik seperti salinan cetakan keras dari hasil untuk kartu pasien dan dokter untuk diperiksa.
Hampir semua pemeriksaan dilakukan oleh komputer, kecuali Kultur dan Tes Imun dan beberapa tes khusus lainnya, sehingga hasil komputerisasi tiap-tiap Laboratorium Klinik boleh dikatakan sama dan akurat. Perbedaan harga bukan karena perbedaan kualitas, tetapi lebih kepada pelayanan, misalnya gedungnya lebih bagus atau antriannya lebih sedikit dan juga mungkin nama besar dan keterkenalan.
Di Puskesmas Kalitengah sistem komputerisasi sudah berjalan lebih dari 7 tahun, ditangani oleh analis laboratorium yang berpengalaman dan kompeten. Keakuratan dari hasil pemeriksaan bisa mencapai 99 %. Dengan banyaknya jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan di laboratorium puskesmas Kalitengah menjadikan Laboratorium ini sebagai satu-satunya penunjang untuk menegakkan diagnosa medis bagi penyakit tertentu sesuai dengan jenis pemeriksaan darah yang diminta.
Pemrosesan sampel biasanya bermula dengan seperangkat sampel dan nota permintaan.
Khasnya satu set tabung vakutainer yang mengandung darah, atau spesimen lain manapun akan tiba di laboratorium di tas plastik kecil bersama dengan nota itu.
Pada nota dan spesimen itu dicantumkan nomor laboratorium. Biasanya semua spesimen menerima nomor yang sama, sering dengan stiker yang dapat ditempel di tabung dan nota. Label ini memiliki barkod yang dapat dipindai oleh analisator otomatis dan permintaan tes yang dinaikmuatkan dari SIL. Entri permintaan di sistem manajemen laboratorium melibatkan pengetikan atau pemindaian (di mana barkod digunakan) di nomor laboratorium, dan memasuki identifikasi pasien, begitupun tiap tes yang diperlukan. Memerlukan mesin, komputer, dan staf laboratorium untuk mengetahui tes mana yang dinantikan, dan juga memberikan tempat (seperti bagian RS, dokter atau pelanggan lain) agar hasilnya dapat diberikan.
Untuk sampel biokimiawi, darah biasanya disentrifugasi dan serum dipisahkan. Jika perlu diproses oleh lebih dari 1 mesin, serum dapat dibagi-bagi ke botol-botol yang berbeda.
Banyak spesimen yang berakhir pada satu analisator otomatis yang njelimet atau lebih, yang memproses fraksi dari sampel dan mengembalikan 1 "hasil" atau lebih.

Penanggung jawab  :   dr. Muhammad Machfud
Petugas Lab            :  Karyawanto, Amd.AK
                                :  Luluk Rudiyawati, Amd.AK

 Melayani :  Pemeriksaan Haematologi klinis
                   Pemeriksaan Kimia Klinik
                   Pemeriksaan Faal Hati
                   Pemeriksaan Faal Ginjal
                   Pemeriksaan Serologi
 Jam         :  Senin - Kamis   :  08.00 - 13.00 WIB
                    Jum'at              :  07.30 - 10.30 WIB
                    Sabtu               :  08.00 - 12.30 WIB

0 comments:

Post a Comment

Bagi sahabat yang mau memberikan komentar, saran maupun kritik terhadap blog atau konten terkait, kami berharap anda menggunakan kalimat yang baik dan sopan. Terima kasih.

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Support Situs