PIS-PK PUSKESMAS KALITENGAH

Implementasi pendekatan keluarga untuk mencapai Indonesia Sehat sudah dilakukan oleh banyak Kabupaten/Kota, termasuk oleh Kab. LAMONGAN.

YUKs Cegah Penyakit Dengan "CERDIK"!

Cek,Enyahkan,Rajin,Diet,Istirahat,Kendalikan.....cekidot !!!

KESEHATAN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

Kesehatan bukan segala-galanya, tanpa kesehatan segalanya tidak berarti

KENAPA HARUS ASI EKSKLUSIF ?

Hendaklah para ibu menyusui anak-anaknya selama dua tahun penuh yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.

Monday, July 18, 2022

DAFTAR PENGHARGAAN YANG DIRAIH PUSKESMAS KALITENGAH

 Penghargaan adalah pengakuan atas prestasi dan/atau masa kerja karyawan berupa promosi jabatan, kesempatan mengembangkan diri, tanda komitmen dan kesetiaan, serta penghargaan dalam bentuk lainnya.

Dalam hal ini Puskesmas Kalitengah meraih beberapa penghargaan dari Pemerintah baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. 

Beberapa Penghargaan yang diraih Puskesmas Kalitengah antara lain :

1. Penghargaan sebagai Wilayah Bebas Korupsi dari Kemenpan dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia

2. Penghargaan sebagai Puskesmas Terinovasi Se-Kabupaten Lamongan dari Bupati Lamongan

3. Penghargaan atas Peran Aktif dalam mewujudkan unit kerja pelayanan berpredikat WBK di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan dari Bupati Lamongan

4. Penghargaan sebagai Puskesmas Inovatif Covid-19 dari Bupati Lamongan

5. Penghargaan TOP 13 Inovasi Pelayanan Publik Lamongan (SINOLA) dari Bupati Lamongan

Selain penghargaan-penghargaan di atas yang diberikan kepada Puskesmas Kalitengah sebagai instansi Pemerintah, ada juga beberapa penghargaan yang langsung diberikan kepada staf Puskesmas yang mewakili Instansi sebagai bentuk penghormatan dan Reward diantaranya adalah :

1. Penghargaan sebagai Nakes Teladan Tingkat Nasional diterima oleh SISWANTO, Amd.Gz, sebagai Nutrisionis

2. Penghargaan sebagai Petugas Kesling Terbaik Nasional kategori Kabupaten SBS 100% diterima oleh SUBEKI, SH

3. Penghargaan Nakes Teladan 1 tingkat Propinsi diterima oleh SISWANTO, Amd,Gz.



Bentuk kejuaraan baik di tingkat Kabupaten maupun Propinsi :

1. Juara 1 Nasional Inovasi KAMAR CANDA

2. Juara 1 Nasional Inovasi Gema ASIEK CANDA

3. Juara 1 Si Gesit Preman

4. Juara 1 Tingkat Propinsi ASMAN dan TOGA

5. Juara Harapan 1 Inovasi SI JABLAI GAESS












Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM )

 Sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, setiap instansi pemerintah perlu melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik. Evaluasi tersebut dilakukan melalui tindakan survei, yaitu Survey Kepuasan Masyarakat.

 
Melakukan Survei Kepuasan Masyarakat merupakan suatu keharusan bagi lembaga penyelenggara layanan kepada masyarakat secara umum. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Nomor 16 Tahun 2014, tertanggal 2 Mei 2014, mengatur tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik.Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai salah satu instansi pemerintah yang memberikan layanan kepada publik, juga turut berkewajiban menyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). 

Di dalam prinsip pelayanan sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tersebut terdapat 9 ruang lingkup yang dijadikan dasar pengukuran Survei Kepuasan Masyarakat, yaitu: Persyaratan, prosedur, waktu pelayanan, biaya/tarif, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan serta penanganan pengaduan, saran dan masukan.

Survei Kepuasan Masyarakat di wilayah kerja Puskesmas dilakukan menggunakan kuesioner. Responden dari survei ini adalah para pengguna layanan Puskesmas, yang pernah menggunakan layanan unit-unit pelayanan dan jaringan di dalam wilayah kerja Puskesmas Kalitengah. Responden dipilih secara acak, ditentukan sesuai dengan cakupan wilayah masing masing unit pelayanan.

3. Laporan IKM tahun 2019
4. Laporan IKM tahun 2018
5. Laporan IKM tahun 2017

Sunday, July 17, 2022

NILAI-NILAI FONDASI ASN BERAKHLAK



Nilai-nilai ASN “Berakhlak” merupakan fondasi baru bagi Aparatur Sipil Negara demi terwujudnya satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

BerAKHLAK merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Core Values ASN ini menjadi titik tonggak penguatan budaya kerja, yang tidak hanya dilakukan pada ASN tingkat pusat namun juga pada tingkat daerah, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo “ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama.”

Segenap Pegawai Puskesmas Kalitengah mendukung penuh upaya internalisasi dan implementasi Core Values ASN BerAKHLAK.